Rabu, 05 September 2012


  “YOGA”
Yoga berasal dari kata “yuj”(sansekerta) yang berarti menghubngkan,ada pula yang menyebutkan Yoga adalah merupakan roh pribadi. Sistem yoga didirikan oleh HIRANYANGARBHA dan Yoga didirikan oleh maharsi PATANJALI  yang menganut SA-ISWARA(mengakui ICWARA) ,yang menyebutkan dengan konsentrasi yang penuh menuju meditasi yang hening dalam samadhi akan mencapai KAIVALYA(kemerdekaan).
YOGA SUTRA merupakan kitab tertua ORTHOTDOKS  PATANJALI  aliran filsafat YOGA yang  terdiri dari 4 bab,yaitu :
1.      Samadhi pada (Penjelasan tentan sifat dan tujuan Samadhi)
2.      Sadhana pada (Cara pencapaian tujuan samadhi)
3.      Vibuthi pada (Uraian tentang daya sepra alami/sidhi yang di capai melalui YOGA)
4.      Kaivalya pada (Penggambaran sifat dari pembebasan )
Yoga membahas tentang cara-cara mengendalikan badan dan pengaturan nafas,yang memuncak pada Raja Yoga,melalui sadhana yang progresif dalam hatha yoga,Sehingga hatha-yoga merupakan tangga untuk mendaki menuju tahapan Raja Yoga,lalu dihentikan dengan KUMBHAKA-pikiran menjadi tak tertopang dan pemurnian badan melalui Sad-Karma(6 kegiatan pemurnian badan).Adapun bagian dari Sad_Karma adalah :
1.      Dhauti (pembersihan perut)
2.      Bhasti (bentuk alami pembersihan usus)
3.      Neti  (pembersihan lubang hidung)
4.      Trataka(penatapan tanpa kedip kepada semua obyek)
5.      Nauli (pengadukan isi perut)
6.      Kapalabhati(pelepasan lendir dalam pranayama tertentu)
Badan diberi kesehatan,muda dsb dengan melaksanakan Asana,badra,mudra.Yoga dengan 8 anggota badan (astanga yoga) yaitu :
1.      Yama (larangan)
2.      Niyama(ketaatan )
3.      Asanha (sikap badan)
4.      Pranayama (Pengaturan nafas)
5.      Pratyhara (penarikan indra dari obyek)
6.      Dharana (Konsentrasi)
7.      Dyana (meditasi)
8.      Samadhi (keadaan supra sadar)
NB= 1-5 adalah BAHIR ANGGA(membentuk badan luar),6-8 adalah ANTAR ANGGA(membentuk anggota dalam).
MAHAVRATA
1.      Ahimsa adalah tidak menyakiti dari pikiran,perkataan dan perbuatan
2.      Satya adalah kebenaran dalam pikiran,perkataan daan perbuatan
3.      Asteya adalah pantang mencuri/ingin memiliki hak milik orang lain
4.      Brahmacarya adalah pembujangan pemikiran,perkataan dan perbuatan
5.      Aparigraha adalah tidak mewah

NIYAMA=KETAATAN
1.       SAUCA/ kebersihan lahir batin dan mengajurkan kebajikan ,seperti :
·         Sattwa Sudhi = kebersihan kecerdasan untuk membedakan
·         Saumanasya = hati riang
·         Eka grata =pemusatan budhi
·         Indrya = pengendalian nafsu
·         Atmadarsana = realisasii diri
2.      Santosa adalah kepuasan tuk memantabkan mental
3.      Tapa adalah berpantang atau ketaatan diri
4.      Svadyaya adalah mempelajari naskah-naskah suci
5.      Iswara pranidhana adalah penyerahan diri kepada tuhan/brahman
SVARUPA AVASTHANAM adalah  kedudukan dalam diri seseorang yang sesungguhnya,mempunyai 2 tingkatan konsentrasi/samadhi,yaitu :
1.Sampratnatha samadhi/konsentrasi sadar,berikut bentuk nya=
1.      Savitarka(dengan pertimbangan)
2.      Nirwitaka(tanpa pertimbangan)
3.      Savicara(renungan)
4.      Nirvicara(tanpa renungan)
5.      Sananda(dengan kegembiraan)
6.      Sasmitha(dengan arti kepribadian)
2.Asamprajnatha samadhi/perbedaan obyek samadhi dan subyek menjadi lenyap dan terlampui/transenden)

            Menurut Patanjali  ada tingkatan mental dalam Praktek Raja Yoga,yaitu :
1.      Ksipa adalah pikiran mengembara diantara berbagai obyek duniawi/terjenuhi oleh sifat Rajas.
2.      Mudha adalah pikiran tertidur dan tak berdaya akibat sifat tamas.
3.      Viksipta adalah sifat satva melampui,pikiran goyang oleh meditasi-obyek,perlahan-lahan berkumpul dan bergabung.
4.      Ekagra adalah pikiran terpusatkan dan terjadi meditasi yang mendalam dan sifat sattva terbebas dari sifat rajas dan tamas.
5.      Niruddha adalah pikiran dibawah pengendalian sempurna sdan semua vrtti/gejolak pikiran dilenyapkan.


NB=Setiap vertti meninggalkan suatu samskara/kesan2 yang mendalam  dan dapat mewujudkan dirinya  sebagai keadaan sadar bila ada kesempatan.Apabila semua Vrtti dihentikan,maka pikiran ada dalam keadaan seimbang(samapati).

PANCA MAHAKLESA/5 malapetaka besar yang menyerang pikiran :
1.      Avidya-------------------------kebodohan
2.      Asmita-------------------------keakuan/super ego
3.      Raga dvesa--------------------suka,benci,anti pati
4.      Abhinivesa--------------------ketergantungan pada kehidupan duniawi
5.      ?????
ISTILAH-ISTILAH
·         Maitri                                = persahabatan
·         KARUNA                           = kasih sayang kepada yang lebih rendah
·         MUDITA                            =kebahagian kepada yang lebih tinggi
·         UPEKSA                             = ketidak acuhan kepada orang kejam
·         CITTAPRASADHA             = ketenangan pikiran
·         SVARUPA                          = wujud sebenarnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar